admin

Desain Grafis: Pengertian, Jenis-Jenis, Dan Fungsinya

graphic designer
Caption: Ilustrasi kerja Desainer Graphic. (Foto: Istimewa-Net).
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Desain grafis ialah salah satu bentuk komunikasi visual. Keberadaannya memudahkan manusia untuk menangkap pesan maupun makna dari sebuah hasil desain. Tidak hanya mendesain maupun merancang sesuatu, namun juga menyusun pesan yang mudah dipahami oleh orang lain.

Apa Itu Desain Grafis?

Desain grafis merupakan rancangan komunikasi dalam bentuk gambar yang bertujuan untuk menyampaikan informasi maupun pesan kepada publik. Desain grafis merupakan bentuk komunikasi gambar yang sifatnya komunikatif dan informatif.

Jenis-Jenis Desain Grafis

Secara garis besar, desain grafis dibagi menjadi 2 jenis, yaitu grafis bitmap dan grafis vektor. Berikut penjelasannya.

  1. Grafis Bitmap

Ialah grafis yang terbentuk dari kumpulan titik maupun piksel dalam tampilan layar komputer. Apabila hasil grafisnya diperbesar melebihi ukuran normal, maka akan terlihat kotak-kotak atau pikselnya.

Jenis grafis ini bersifat compatible sehingga bisa diakses di berbagai software gratis. Contohnya yaitu JPG, BMP, dan PNG. Beberapa aplikasi pembuat grafis ini ialah Adobe Photoshop dan Microsoft Paint.

  1. Grafis Vektor

Ialah grafis yang dihasilkan dari perhitungan matematis untuk menentukan komposisi warna, ketebalan, hingga posisinya yang tepat. Apabila diperbesar, hasil grafis ini tidak akan terlihat kota-kotak.

Jenis grafis ini hanya bisa dibuka melalui software pembuatnya. Contoh grafis vektor ialah PICT, EPS, dan WMF. Pada umumnya grafis ini dibuat dengan CorelDraw dan Adobe Illustrator.

Fungsi Desain Grafis

Desain grafis muncul sebagai salah satu bukti dari perkembangan teknologi. Di dalam kehidupan sehari-hari, desain grafis memiliki fungsi yang cukup banyak. Beberapa fungsi tersebut antara lain:

  1. Sebagai Media Komunikasi

Desain grafis memegang peran penting sebagai media komunikasi. Hasil karya dalam pembuatan desain grafis bisa digunakan untuk media komunikasi. Contohnya membuat banner, slogan, dan lain sebagainya.

Membuat slogan atau banner tentu akan lebih menarik apabila ditambahkan gambar pendukung. Audiens akan lebih mudah mengerti dan memahami informasi yang disampaikan.

  1. Sebagai Media Promosi

Fungsi desain grafis selanjutnya ialah sebagai media promosi. Banyak perusahaan atau pelaku bisnis yang menggunakan desain grafis untuk mempromosikan produk komersial mereka. Mereka akan membuat iklan dalam bentuk gambar yang dilengkapi tulisan untuk menarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

  1. Media Apresiasi Seni

Selain sebagai media komunikasi dan promosi, desain grafis berguna sebagai media untuk apresiasi seni. Ini karena pembuatan desain grafis menggunakan seni karena para desainer grafis tentu membutuhkan daya kreatifitas dalam membuat karya.

Agar lebih mengapresiasi seni dan kreatifitas, kini sudah banyak digelar ajang perlombaan desain grafis. Ini bertujuan untuk menampilkan para generasi desainer grafis yang kreatif.

  1. Menyalurkan Hobi Dan Memperoleh Penghasilan

Bagi yang tertarik di bidang menggambar, desain grafis bisa menjadi wadah untuk menyalurkan hobi. Hobi tersebut bisa diasah dengan pengetahuan dan keterampilan yang selalu update untuk memperoleh pendapatan. Sekarang ini kebutuhan akan desain grafis semakin meningkat sehingga bisa menjadi peluang dalam dunia kerja.

  1. Menambah Keindahan

Desain grafis mampu memberikan keindahan pada sebuah gambar jika dibandingkan tanpa menggunakan desain grafis. Gambar yang dihasilkan cenderung lebih monoton dan membosankan. Untuk itulah desain grafis membuat gambar menjadi lebih bagus dengan proses pengerjaan yang singkat karena dibantu dengan kecanggihan teknologi.

Desain grafis sudah masuk ke cabang ilmu yang dipelajari di bangku sekolah dan perguruan tinggi. ini karena adanya desain grafis, maka terciptanya lapangan kerja baru. Jenis pekerjaan semakin variatif berkat desain grafis.